Telor asin adalah makanan yang sangat baik untuk di konsumsi, terutama bagi anak-anak. Hal ini di karenakan kuning telur asin sangan baik buat perkembangan otak anak. Dan disini saya akan berbagi pengalaman dalam hal membuat telur asin yang masir dengan cara yang sangat praktis dan tdk kotor, sedangkan hasilnya tdk kalah dengan telur asin brebes yang terkenal itu.

Membuat Telor Asin PRAKTIS
(tidak pakai abu/batu bata, prosesnya bersih dan yang pasti MASIR)

Bahan :
- 10 hingga 30 butir telur bebek segar ( paling baik telurnya berumur 1-2 hari)
- 500 gr garam dapur / garam kotak / garam krosok
- 1,5 – 2 liter air bersih (bisa juga air mineral)
- toples kaca / plastic yg dpt ditutup rapat, (paling bagus Tupperware), ember plastic yg ada tutupnya jg bisa

Cara Pembuatan :
1. sebelumnya telur direndam dulu selama -/+ 2 menit ( jika telur melayang / mengapung berarti telur itu jelek dan jgn di pakai). Kemudian cuci bersih dg sabun satu persatu telur bebek ( gunanya biar tdk ada kotoran yg menempel pd kulit telur yg bisa mengakibatkan telur menjadi busuk), sambil digosok perlahan-lahan pada bagian permukaan kulitnya secara merata dengan menggunakan sisi kasar spons pencuci alat dapur, tp jangan telalu lama. Maksudnya, supaya pori2 kulit telur bebek agak sedikit terbuka.
2. Kemudian keringkan telur / tiriskan lalu letakkan perlahan telur bebek yang telah bersih dan kering dalam wadah, atau topless
3. untuk membuat larutan garam pakai lah wadah/tempat tersendiri, jika garam bisa dilarutkan seluruhnya dg air dingin biasa maka larutan garam itu telah siap, namun jika tdk bisa maka rebuslah air hingga agak mendidih, kemudian tuangkan garam. Aduk perlahan hingga seluruh garam larut. Matikan api. Biarkan air larutan garam dingin kembali, kalo masih hangat akan mempengaruhi proses pembuatan.
4. Kemudian tuangkan secara perlahan larutan air garam kedalam wadah atau topless yang sudah terisi telur bebek tadi. Perhatikan telur bebek harus kesemuanya terendam air garam (ternyata telurnya tdk mau tenggelam/mengapung di larutan air garam), solusinya adalah siapkan kantong plastic kiloan (biasanya yg 1 kilo) trus diisi air bersih tdk usah penuh (separuh) dan kemudian taruh kantong plastik berisi air itu diatas rendeman telur tadi (kantong plastic itu menindih telur yg melayang di larutan garam tadi)
5. Tutup wadah atau topless tersebut dan simpan tempat yg rata dan sejuk, lama perendaman 12 hari (sudah enak dan masir), namun jika lebih lama akan lebih baik.( dan lebih asin) tp lebih awet dan lebih MASIR ( 3 minggu).
6. Setelah melewati batas waktu yang sudah ditentukan, telur asin diangkat dan ditiriskan kemudian direbus dengan api kecil hingga matang selama -/+ 1,5 jam gunanya agar kuning telur tdk pecah didalam telur karena benturan sesama telur jika apinya besar. Waktu merebus panci jgn ditutup.
7. Selain di rebus, telor asin mentah juga ada yang di kukus…. Waktunya juga sama minimal 1,5 jam dengan api sedang.
8. buat yang kurang suka rasa asin, durasi garam bisa dikurangi, dengan tidak mengurangi jarak waktu perendaman

Selamat mencoba…..

Jika ada waktu mampir ke blog saya yang lain ya…: tasresletingunik.blogspot.com